Me and SNMPTN

Hellooo. Welcome to my blog guys *yuhuyy. Btw ini tulisan pertamaku diblog ini. Dulu aku sempat nge-blog tapi vacum karena sesuatu dan lain hal. And, here it is. My new blog. I hope you guys will enjoy it! XoXo

Sesuai dengan judulnya, markibas tentang pengalamanku bersama SNMPTN. Let's get started!

Semua orang juga tau dan BAKALAN tau gimana rasanya jadi kelas XII. Bangku terakhir yang pastinya akan kita dudukin untuk nyelesain wajib belajar 12 tahun. Waktu dimana kalian lagi bingung-resah-gelisah buat nentuin masa depan kalian. Dimasa inilah kalian udah harus bener-bener tau apa passion kalian. Saranku, rajin-rajin searching tentang jurusan, dan perguruan tinggi idaman kalian. 

Sekarang aku mau nyeritain tentang pengalamanku dapat PTN kemarin. In fact, dari naik kelas XI aku udah rajin searching dan ngumpulin materi dan soal-soal persiapan masuk PTN & PTK. Jadi aku niat buat daftar di salah satu perguruan tinggi negeri dan salah satu perguruan tinggi kedinasan. Karena aku ngga berharap  banyak di SNMPTN karena sadar nilaiku yang naik-turun. 

Akhirnya aku mulai ngejalanin tuh, masa kelas XII dengan segala hingar bingarnya beserta tugas, tambahan materi, jadwal les, try out dan segala macam embel-embelnya. Dengan segala rutinitas itu kadang aku merasa stress, jenuh, bosan, dan capek tentunya. But every time i feel that, aku mulai ngebatin dalam hati "Hey, yang mau sukses bukan cuma kamu aja. Ribuan pesaing kamu diluar sana juga lagi berlomba-lomba jemput kesuksesan mereka. Mau kalah star sama mereka?" And then, aku kembali sadar. Mau ngga mau harus dijalanin sampai tuntas.

Februari 2018
Kalo gasalah, itu waktunya sekolah buat nge-input data siswa di PDSS. Jadi, nilai raport kelas 12 semester 1-5 dimintain tuh buat diinput di PDSS. Berhubung sekolahku berakreditas A, maka yang berkesempatan ikut SNMPTN adalah 50% dari jumlah total siswa(i) kelas XII. Jumlah kelas XII angkatan 2018 itu ada 272 orang. Jadi, yang bisa ikut SNMPTN kira-kira ada 136 orang gabungan IPA & IPS yang nilainya udah dirangking dari 1-136.

Alhamdulillah, aku berkesempatan ikut SNMPTN. Seperti yang aku bilang diatas, aku udah nyiapin segala macam trik masuk PTN dari naik kelas XI, termasuk udah nge-list kampus-kampus idamanque. Walaupun udah nge-list, aku masih bingung juga mau pilih Univ apa di SNMPTN. Karena, SN itu bisa dibilang 'jalur setan' kita ga bakalan bisa nebak siapa yang lulus lewat jalur SN.

Dengan berbagai pertimbangan, aku memutuskan memilih IPB sebagai kampus pilihanku. Berhubung aku berdomisili di Sulteng, dan aku mau daftar 2 kampus di SN, maka aku wajib milih salah satu PTN di Sulteng karena harus mengikuti peraturan SNMPTN. Finally, i choose Universitas Tadulako. Lagi, aku ngga berharap banyak di SNMPTN.

April 2018
Pengumuman SNMPTN tiba. satu persatu teman digrup WA, Line, dll udah ngabarin kalau ada yang lulus, dan ada juga yang belum lulus. Dengan segala keraguan dihati, aku beraniin diri buat buka pengumuman. Alhamdulillah, hasilnya :

Pengumuman SNMPTN


Believe me, aku nggak pinter-pinter banget di Kimia. Apalagi niatan buat jadi guru, ga ada samsek. Lah, terus kok milih FKIP Kimia? it's 100% my fault.. Akibat sembarangan milih.. poor me. Karena, yang kayak aku bilang diatas. Aku nggak berharap di SNMPTN. Apalagi, FKIP Kimia aku taruh dipilihan ketiga dengan pikiran yang sok iye "ah gamungkin lolos pilihan ketiga" . Karena itu, kenapa aku nyebut SN itu jalur setan karena orang-orang yang kita anggap bakalan lolos disini, disana, jurusan ini-itu, nggak lolos. Dan orang yang hokky nya super-super bagus, lolos dengan begitu mulusnya. 

Tau nggak, apa perasaanku saat pengumuman SN? Yap, campur aduk kayak gado-gado. Senang karena lolos, sedih dan kecewa karena salah milih jurusan. Setelah curhat sana-sini ke temen-temen, orang tua, keluarga dan guru-guru, akhirnya aku ngambil SN ku dengan alasan takut sekolah di blacklist, dan supaya ngga capek lagi belajar buat SBMPTN serta bisa memanfaatkan waktu buat belajar tes masuk PTK. Btw aku juga daftar Politeknik Keuangan Negara STAN. Salah satu PTK yang hits syekali. Gimana nggak gitu coba, jumlah pendaftarnya aja mencapai ratusan ribu orang dan yang diterima cuman 7 ribuan orang.

Fyi, aku juga salah milih PTK loh, wkwk. Salah milih mulu ya, emang suka gitu anaknya 'labil dan gajelas'. Walaupun udah nge-list PTN & PTK, tetap aja aku ngerasa ini salah pilihan karena kurang dipikir matang-matang dan ngga terlalu sesuai sama passion aku. But, semua orang bisa khilaf yha, dan aku lagi di fase buat nge-tes kemampuan diri dan pembuktian diri. Yha ngga usah panjang-panjang lah ngomongin PTK nya, next time aku bakal buat tulisan sendiri tentang pengalamanku bersama tes PTK, hehe.

And then, disinilah aku sekarang dan untuk beberapa waktu kedepan, maybe. Doain aja ya semoga nyaman karena tahun ini aku baru jadi maba. Btw, ada salah satu perkataan guruku yang buat aku kuat sampai sekarang, kurang lebih begini : "dulu Ibu juga ngga suka jurusan Ibu. Semester 3 Ibu nangis dan minta pindah jurusan ke orang tua Ibu. Tapi setelah itu Ibu sadar dan jalanin sampai selesai. Alhamdulillah Ibu bisa jadi seperti sekarang berkat Jurusan itu dan jalan Ibu sampai kesini mulus seperti sudah diatur dengan baik sama Allah"

Oh ya, terakhir ada pepatah yang mengatakan Jangan besar karena nama kampus, tapi buat nama kampus besar karena namamu. And i will be one of them. Aamiin
Universitas Tadulako

Udah yah gengs, segitu aja dulu curcolnya. Intinya, buat anak kelas XII yang baca tulisan ini, tolong jangan ikut jejak kakakmu ini yang sembarangan milih yah! hehe. Kadang orang yang udah nyiapin semuanya juga masih bisa salah pilihan karena kurang dipikirin matang-matang. Yah, contohnya kayak aku inilah wkwk. Semoga tulisan ini ada faedahnya, yang bagus diambil, yang nggak jangan dicontoh. See you di tulisanku berikutnya!!

With Love,

Nurulfpanjili

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sexual Harrasment dan Rape Culture di Indonesia